BAB I
MANIPULASI DATA DENGAN RUMUS DAN FUNGSI
Kompetensi Dasar
Menerapkan formula dan fungsi sederhana untuk memanipulasi
A. Lembar Kerja Microsft Excel
Microsft Excel adalah program pengolahan data utamanya angka menggunakan lembar kerja. Dokumen dalam Excel dikenal dengan istilah Workbook, tiap-tiap Workbook terdiri atas sheet. Tiap sheet terdiri 256 kolom ditandai dengan abjad (A,B,C dst) dan 56536 baris ditandai dengan angka (1,2,3 dst), pertemuan antara kolom dan baris disebut Cell, kumpulan dari cell dikenal dengan istilah Range.
B. Menggunakan Rumus/ Formula
Microsft Excel mengenal 3 macam jenis data, yaitu : Numeric, Charakter, dan formula. Data ini tidak dapat dioperasikan menggunakan operator aritmatika. Ciri dari data adalah dalam penulisasnya kita awali dengan tanda = atau +. Manipulasi data dengan menggunakan perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian bias dilakukan dengan cara membuar formula ( rumus ) sederhana . Selanjutnya formula/rumus dapat dikopi pada sel lain jika kita masih sering menggunakan oerhitungan dengan formula yang sama.
Untuk membuat formula/ rumus sering menggunakan simbul operator arit matika Sebagai berikut :
MANIPULASI DATA DENGAN RUMUS DAN FUNGSI
Kompetensi Dasar
Menerapkan formula dan fungsi sederhana untuk memanipulasi
A. Lembar Kerja Microsft Excel
Microsft Excel adalah program pengolahan data utamanya angka menggunakan lembar kerja. Dokumen dalam Excel dikenal dengan istilah Workbook, tiap-tiap Workbook terdiri atas sheet. Tiap sheet terdiri 256 kolom ditandai dengan abjad (A,B,C dst) dan 56536 baris ditandai dengan angka (1,2,3 dst), pertemuan antara kolom dan baris disebut Cell, kumpulan dari cell dikenal dengan istilah Range.
B. Menggunakan Rumus/ Formula
Microsft Excel mengenal 3 macam jenis data, yaitu : Numeric, Charakter, dan formula. Data ini tidak dapat dioperasikan menggunakan operator aritmatika. Ciri dari data adalah dalam penulisasnya kita awali dengan tanda = atau +. Manipulasi data dengan menggunakan perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian bias dilakukan dengan cara membuar formula ( rumus ) sederhana . Selanjutnya formula/rumus dapat dikopi pada sel lain jika kita masih sering menggunakan oerhitungan dengan formula yang sama.
Untuk membuat formula/ rumus sering menggunakan simbul operator arit matika Sebagai berikut :
SIMBUL | KEGUNAAN | HIERARKI | CONTOH | ||
PENGGUNAAN | |||||
^ * / + = | Pemangkatan Perkalian Pembagian Penambahan pengurangan | 1 2 2 3 3 | 5^2 10*5 10/5 10 + 125 150 - 125 | B2 ^3 A1*50 A1/5 A1:125 A1-125 | S2^C2 A1*B1 A1/B1 A1+B1 A1-B1 |
C. Penggunaan Fungsi
Fungsi adalah rumus tertentu yang sudah tersedia dan mempunyai fungsi tertentu. Ada banyak sekali jenis-jenis fungsi dalam excel, antara lain fungsi statistic, fungsi logika, fungsi tanggal/ waktu, fungsi vlookup, dan lain-lain. namun kita hanya mempelajari sebagian rumus statistik, yaitu :
SUM : Menjumlahkan angka pada range tertentu
MAX : Mencari angka tertinggi pada range tertentu
MIN : Mencari angka terendah pada range tertentu
AVERANGE : Menghitungnilai rata-rata pada range tertentu
COUNT : Untuk menentukan jumlah sel
BAB II
MEMBUAT DAN MENGELOLA GRAFIK
Kompetensi Dasar
Membuat grafik sederhana menggunakan program pengolahan angka
A. Membuat grafik
Mokrosoft excel adalah salah satu dari Bundle Mikrosoft Office yang berfungsi sebagai aplikasi pengolah angka, pengolah grafik dan manajemen pangkalan data base. Sebagai layaknya program ini berbasis Windows, excel juga menggunakan format GUI ( Grafik User Interface ) yang sangat mudah dan fleksibel. Karena itulah hampir semua kantor menggunakan program ini sebagai salah satu aplikasi untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.
1. Blok range AS : E10, kemudian klik toolbar chart/ masukan ke menu insert chart. Pilih grafik di chart tipe dan chart sub type. Setelah itu tekan dan tahan tombol pres and hold to view sample lalu lepas. Setelah itu putuskan type grafik yang kalian pilih lalu klik next.
2. Pilih series in : Rous maka grafik akan ditampilkan.
3. Lengkapi dengan mengisi judul pada chart title. Keterangan sumbu (x) pada category (x) axis serta satuan keterangan nilai / angka pada value (z) axis, klik next.
4. Langkah terakhir adalah memilih lokasi penempatan grafik. As new sheet : menempatkan pada lembar chart, yaitu lembar khusus grafik.
As object in : menempatkan pada lembar kerja (sheet I) grafik pada sheet I yang sedang aktif. Sehingga data dan tampilan grafik terdapat pada lembar kerja yang sama, jika sudah klik finish.
B. Mengolah grafik
1. Mengedit judul
Untuk mengedit judul lakukan double klik pada judul maka muncul menu format chart title.
• Patterns : untuk mengatur model dan warna cari box judul serta warna dalamnya.
• Font : untuk mengatur jenis dan ukuran huruf serta pengatur efek lain.
• Alignment : untuk mengatur posisi dan tata letak judul
2. Mengedit bagain grafik lainnya
caranya : douvle klik pada bagian yang akan diedit. Maka akan muncul format berisi : patterns, font, alignment.
C. Membuat gambar sederhana dan menempatkan dalam dokumen
1. Menngunakan Toolbar Drawing
Toolbar drawing adalah satu toolbar yang tersedia dalam M. Excel. Jika itu belum tampil aktifkan view-toolbars-drawing.
2. Menggunakan fasilitas autoshapes
Autoshapes adalah bagian toolbar drawing yang berisi aneka macam bentuk (shapes) yang dapat digunakan membuat gambar. Untuk menampilkan autoshapes adalah pilih menu insert-pictures-autoshaoes, atau klik tool autoshapes pada toolbar drawing.
3. Menggunakan Clip Art Gallery
clip art adalah obyek yang berbentuk gambar yang sudah tersedia dari software excel. Caranya adalah : insert-picture-clipart/toolbar drawing tool insert clipart. Selain clipart gallery kita bias menyisipkan gambar dari insert-picture-from file.
4. Menggunakan Word Art
Word art adalah aneka macam style / gaya tulisan yang indah dan beragam merupakan fasilitas M. office. Langkah-langkah untuk membuat variasi word art :
tempatkan pointer pada posisi yang kita inginkan. Klik toolbar insert word art.
Pilih salah satu style/ gaya / model yang kalian sukai, klik OK. Tulis teks pada edit wordart text.
Atur model huruf, ukuran efek tebal miring, klik OK
Hasil word art kita klik, maka muncul garis aktif pada obyek dan toolbar wordart.
BAB III
MANAJEMEN DATABASE
Kompetensi Dasar
Menerapkan sorting data, filtering data untuk keperluan pengolahan database
A. Membuat berkas atau dokumen database
1. Manajemen data base adalah teknik membuat, mengolah dan memanipulasi sekumpulan data yang komplks sehingga menjadi informasi yang kita butuhkan.
Prinsip dari data base : kumpulan dari beberapa macam yang dibentuk suatu kesatuan dalam program Microsoft excel terdapat fasilitas untuk manajemen database ini.
2. Perhatikan bahwa judul tiap-tiap kolom dalam database diatas kita sebut sebagai Field sehingga terdapat 5 field yaitu: NO INDUK, NAMA SISWA, KELAS, ALAMAT dan SD ASAL .
3. Data-data yang berada di bawah field dan memebntuk satu baris data disebut dengan istilah RECORD sehingga terdapat 20 record .
4. Saat penulisan data / record dapat pula tamplan entry data dibuat FORM. Caranya blok pada seluruh nama field lalu masukkan menu DATA klik FORM. Tampilan data melalui form yang sudah di sediakan tombol-tombolnya adalah :
• New : menambah data baru / berikutnya
• Delete : menghapus data
• Close : mengakhiri pengisian formulir
B. Mengurutkan data
Mengurutkan data adalah pekerjaan yang sering kita lakukan. Ada dua model pengurutan yaitu :
Ascending : mengurutkan data secara naik, yaitu A ke Z jika data berupa huruf atau dari kecil ke besar datanya berupa (numeric).
Descending : mengurutkan data secara menurun, kembalikan dari ascending.
Fungsi adalah rumus tertentu yang sudah tersedia dan mempunyai fungsi tertentu. Ada banyak sekali jenis-jenis fungsi dalam excel, antara lain fungsi statistic, fungsi logika, fungsi tanggal/ waktu, fungsi vlookup, dan lain-lain. namun kita hanya mempelajari sebagian rumus statistik, yaitu :
SUM : Menjumlahkan angka pada range tertentu
MAX : Mencari angka tertinggi pada range tertentu
MIN : Mencari angka terendah pada range tertentu
AVERANGE : Menghitungnilai rata-rata pada range tertentu
COUNT : Untuk menentukan jumlah sel
BAB II
MEMBUAT DAN MENGELOLA GRAFIK
Kompetensi Dasar
Membuat grafik sederhana menggunakan program pengolahan angka
A. Membuat grafik
Mokrosoft excel adalah salah satu dari Bundle Mikrosoft Office yang berfungsi sebagai aplikasi pengolah angka, pengolah grafik dan manajemen pangkalan data base. Sebagai layaknya program ini berbasis Windows, excel juga menggunakan format GUI ( Grafik User Interface ) yang sangat mudah dan fleksibel. Karena itulah hampir semua kantor menggunakan program ini sebagai salah satu aplikasi untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.
1. Blok range AS : E10, kemudian klik toolbar chart/ masukan ke menu insert chart. Pilih grafik di chart tipe dan chart sub type. Setelah itu tekan dan tahan tombol pres and hold to view sample lalu lepas. Setelah itu putuskan type grafik yang kalian pilih lalu klik next.
2. Pilih series in : Rous maka grafik akan ditampilkan.
3. Lengkapi dengan mengisi judul pada chart title. Keterangan sumbu (x) pada category (x) axis serta satuan keterangan nilai / angka pada value (z) axis, klik next.
4. Langkah terakhir adalah memilih lokasi penempatan grafik. As new sheet : menempatkan pada lembar chart, yaitu lembar khusus grafik.
As object in : menempatkan pada lembar kerja (sheet I) grafik pada sheet I yang sedang aktif. Sehingga data dan tampilan grafik terdapat pada lembar kerja yang sama, jika sudah klik finish.
B. Mengolah grafik
1. Mengedit judul
Untuk mengedit judul lakukan double klik pada judul maka muncul menu format chart title.
• Patterns : untuk mengatur model dan warna cari box judul serta warna dalamnya.
• Font : untuk mengatur jenis dan ukuran huruf serta pengatur efek lain.
• Alignment : untuk mengatur posisi dan tata letak judul
2. Mengedit bagain grafik lainnya
caranya : douvle klik pada bagian yang akan diedit. Maka akan muncul format berisi : patterns, font, alignment.
C. Membuat gambar sederhana dan menempatkan dalam dokumen
1. Menngunakan Toolbar Drawing
Toolbar drawing adalah satu toolbar yang tersedia dalam M. Excel. Jika itu belum tampil aktifkan view-toolbars-drawing.
2. Menggunakan fasilitas autoshapes
Autoshapes adalah bagian toolbar drawing yang berisi aneka macam bentuk (shapes) yang dapat digunakan membuat gambar. Untuk menampilkan autoshapes adalah pilih menu insert-pictures-autoshaoes, atau klik tool autoshapes pada toolbar drawing.
3. Menggunakan Clip Art Gallery
clip art adalah obyek yang berbentuk gambar yang sudah tersedia dari software excel. Caranya adalah : insert-picture-clipart/toolbar drawing tool insert clipart. Selain clipart gallery kita bias menyisipkan gambar dari insert-picture-from file.
4. Menggunakan Word Art
Word art adalah aneka macam style / gaya tulisan yang indah dan beragam merupakan fasilitas M. office. Langkah-langkah untuk membuat variasi word art :
tempatkan pointer pada posisi yang kita inginkan. Klik toolbar insert word art.
Pilih salah satu style/ gaya / model yang kalian sukai, klik OK. Tulis teks pada edit wordart text.
Atur model huruf, ukuran efek tebal miring, klik OK
Hasil word art kita klik, maka muncul garis aktif pada obyek dan toolbar wordart.
BAB III
MANAJEMEN DATABASE
Kompetensi Dasar
Menerapkan sorting data, filtering data untuk keperluan pengolahan database
A. Membuat berkas atau dokumen database
1. Manajemen data base adalah teknik membuat, mengolah dan memanipulasi sekumpulan data yang komplks sehingga menjadi informasi yang kita butuhkan.
Prinsip dari data base : kumpulan dari beberapa macam yang dibentuk suatu kesatuan dalam program Microsoft excel terdapat fasilitas untuk manajemen database ini.
2. Perhatikan bahwa judul tiap-tiap kolom dalam database diatas kita sebut sebagai Field sehingga terdapat 5 field yaitu: NO INDUK, NAMA SISWA, KELAS, ALAMAT dan SD ASAL .
3. Data-data yang berada di bawah field dan memebntuk satu baris data disebut dengan istilah RECORD sehingga terdapat 20 record .
4. Saat penulisan data / record dapat pula tamplan entry data dibuat FORM. Caranya blok pada seluruh nama field lalu masukkan menu DATA klik FORM. Tampilan data melalui form yang sudah di sediakan tombol-tombolnya adalah :
• New : menambah data baru / berikutnya
• Delete : menghapus data
• Close : mengakhiri pengisian formulir
B. Mengurutkan data
Mengurutkan data adalah pekerjaan yang sering kita lakukan. Ada dua model pengurutan yaitu :
Ascending : mengurutkan data secara naik, yaitu A ke Z jika data berupa huruf atau dari kecil ke besar datanya berupa (numeric).
Descending : mengurutkan data secara menurun, kembalikan dari ascending.
Berikut adalah langkah-langkah mengurutkandata :
Tambahkan field UMUR pada database. Letakkan pointer kemudian pilih Insert-Coloum.
Sorotkan range data base yang kita urutkan.
Masuk ke menu data – sort.
Pada bagian sort by, pilihan field akan kita urutkan dan pilihlah pola pengurutan menurun klik descencing.
Then by digunakan jika kita menghendaki kunci kedua dalam pengurutan tersebut.
Then by , jika kita menghendaki kunsi pengurutan bertingkat 3 dan masukkan kunci ini
My data range has, pilih header row. Jika rabge yang kita pilih sorot kolom-kolomnya dan pilih no header row jika kita hanya menyorot range datanya.
C. Menggunakan fasilitas auto filter untuk mneyaring data
Prosedur menyaring data menggunakan fasilitas auto filter berikut :
Buka kembali dokumen data base
Sorot range A3 : F23, masuk menu Data-Filter-Autofilter
Lakukan penyaringan data, misalnya mencari siswa yang umurnya 14 tahun,bila ingin mengembalikan tampilan record/data, maka pilihlah ALL pada field yang sama. Sekarang cobalah untuk menyaring data dengan criteria sebagai berikut :
Tampilan umur : 12 tahun
Tampilan alamat : jl. Semangka
Kalau ingin memahami ikuti prosedur menyaring tersebut .
Tampilan data bagi siswa yang huruf depannya D,maka masukkan ke panah pada field NAMA SISWA pilih custom pada show rows where-nama siswa-equalis tulis D* KLIK OK.
Tampilan data bagi siswa yang umurnya 12 tahun, maka masukkanlah ke panah pada field UMUR, pilih Custom.
pada show rows where-umur-15 greather than tuliskanlah 12 klik OK.
BAB IV
MENGOLAH DATA DAN MENDESAIN KARYA
Kompetensi dasar
Membuat karya menggunakan program pengolah angka
A. Pengelolah data dalam Microsoft excel
Kelebihan excel adalah kemudahan dalam pengolahan data. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengalami hal ini. Misalkan karyawan di kantor mengolah gaji pegawai, menghitung biaya sewa kendaraan, dan sebagianya. Dalam pengolahan data ini rumus atau formula akan sangat berperan dalam memudahkan perjitungan angka-angka, yang bila dikerjakan secara manual akan menyita banyak waktu dan juga akurasi datantya kurang mamadahi.
Langkah-langkah memasukkan rumus :
1. buatlah table menggunakan program pengolah kata
2. letakkan pada sel, masukkan rumus, kopi ke kanan dank e bawah
3. keterangan : sel absolute :sel yang tetap apabila di kopi ke sel lain.
Sel semi absolute adalah sel yang hanya salah satu saja yang tetap ( kolom atau barisnya )
Sel relative : adalah sel yang kedua-duanya tidak tetap.
Data hasil pengolahan setelah selesai dapat di format sesuai kebutuhan, misalnya ditambah satuan mata uang, pemisah ribuan ataupun decimal gunakan toolbar untuk memberi efek format angka.
Berikut ini :
Currency : menambah satuan mata uang pada data angka
Percent ctyle : mnegubah data dalam format persen
Comma style : memberikan separator ribuan ( tanda titik atau koma )
Increase decimal : menambah angka decimal
Decrease decimal : mengurangi angka decimal
B. Penyajian data menggunakan program angka
Seperti yang ketahui bahwa data ada yang bertipe numeric (angka saja) atau alphanumeric ( kombinasi angka dengan huruf karakter lain )
Dengan menggunakan Microsoft excel kita bias mengolahnya sedemikian rupa sehingga menjadi suatu sajian informasi yang diperlukan orang lain. Sajian informasi tersebut berupa brosur, membuat nota, daftar harga barang, laporan keuangan.
Berikut ini contoh sajuan informasi :
1. Brosur
2. Nota
BAB V
MENGGABUNGKAN DOKUMEN
MENGGABUNGKAN DOKUMEN
Satandar kompetensi
Menggabungkan dokumen pengolahan kata dengan pengolah data
A. Sisipkan table Microsoft excel isi dalam berkas yang dibuat dan program Microsoft word, dengan cara :
Tentukan posisi yang akan ditempati, masukan ke menu ( diblok ) insert – object. Pilih ( diblok) Create from file, setelah muncul kotak isian file ( yang diblok file name masukkan nama file yang ingin disisipkan. Jika kita lupa letak nama filenya maka lacaklah dengan diblok browse, jika sudak Ok.
Atau ikuti prosedur “ Cops Paste” buka lembar excel lalu blok table yang akan disipkan , masuk kemenu edit Cop-s. Buka dokumen Microsoft word , tempatkan kursor pada posisi dimana table akan disipkan. Masuk ke menu edit – Paste, aturlah sedemikian rupa sehingga tampilannya bagus.
B. Menyagikan grafik Microsoft excel kedalam dokumen Microsoft word
Buatlah grafik dan data berikut menggunakan Microsoft excel :
Kucing | Anjing | Burung | |
Jatim | 52 | 42 | 69 |
Jateng | 47 | 55 | 66 |
Banten | 32 | 21 | 19 |
Jabar | 51 | 64 | 57 |
Gunakan insert – chart. Ikuti seluruh langkah pembuatan grafik seperti yang telah diterangkan bab terdahulu.
C. Mencetak dokumen ke printer
Setelah selesai semua pekerjaan yang kita lalukan janganlah lupa menyimpan berkas tersebut kedalam media penyimpanan.
Masuk ke menu file – save.
Beri nama dokumen kita dari file name, dan aturlah letak foldernya dari save in : lalu klik save. Untuk mencetak dokumen ikuti langkah-langkah berikut :
- bukanlah dokumen yang hendak dicetak, lewat file – open
- Pilih menu file – Print atau klik toolbar prin berupa gambar printer
Keterangan :
Printer name : pilihlah nama printer yang tersedia tergantung dari sofwerw printer ( driver) yang telah di intal pada computer tersebut
Print range
All : bila seluruh lembar halaman akan kita cetak
Page (s) : menentukan halan tertentu saja yang kita cetak
Copies : memasukkan berapa rangkap/ copy yang akan dicetak
Untuk memastikan bahwa dokumen yang akan kita cetak sudah benar-benar tanpa kesalahan, sebaiknya sebelum di kirim ke printer cobalah tampilkan dokumen kita kedalam prin preview.
BAB VI
MENDESAIAN BERBAGAI MODEL PUBLIKASI
Standar Kompetensi
Membuat karya menggunakan program pengolahan kata dan pengolah angka
A. Membuat berbagai model publikasi cetakan, kita dapat membuat suatu karya menggunakan program kata seperti publikasi cetakan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti brosur, liflet, kartu undangan, dan lain-lain. Bahkan kita dapat membuat suatu teks informasi dengan tampilan yang artistic sehingga mampu menarik perhatian orang untuk membacanya.
1. Membuat Brosur
Brosur merupakan bahan informasi tertulis mengenani suatu masalah secara bersistem. Brosur dapat berupa cetakan yang terdiri atas beberapa halaman namun lengkap, misalnya tentang suatu oerusahaan atau organisasi.
2. Membuat Liflet
Liflet atau leafiet merupakan suatu lembaran kertas yang dicetak atau beberapa halaman cetakan yang memberikan informasi atau pengumuman kepada kita tentang sesuatu, Pilihlah jenis huruf dan gambar yang bisa menarik perhatian orang. Biasanya liflet ini memberikan informasi tentang suatui produk, organisasi, perusahaan, lembaga, dan sebaginya.
3. Membuat Kartu Undangan
Terdapat beberapa macam bentuk dan model kartu undangan yang besar mampu menarik perhatian orang yang menerima karena indah dan enak dilihat. Gunakan aplikasi yang sudah dikuasai.
4. Membuat Bulletin
Bulletin adalah media cetak berupa selebaran atau majalah yang berisi warta singkat atau pernyataan tertulis yang diterbitkan secara periodic oleh suatu organisasi atau lembaga untuk kelompok profesi tetentu. Cara pembuatan bulletin ini juga hamper sama dengan pembuatan brosur, liflet, atau undangan.
kakecho.blogspot.com